Tesis

Faktor Risiko Keberhasilan Obat Antiepilepsi Generasi 2 pada Pasien Epilepsi Anak Usia di Bawah 3 Tahun: Studi Kasus Kontrol = Risk Factor Affecting the Success of Second Generation Antiepileptic in Children under 3 Years with Epilepsy: Case Control Study.

Latar Belakang: Epilepsi di negara berkembang dua kali lebih tinggi dibandingkan negara maju. Sekitar 60 – 70% pasien bebas kejang dengan obat antiepilepsi (OAE) generasi satu, jika tidak respons dan kejang menetap maka dipertimbangkan OAE generasi dua. Keberhasilan pengobatan epilepsi dipengaruhi oleh pelbagai faktor serta bergantung terhadap plastisitas dan maturitas otak hingga usia tiga tahun. Belum ada penelitian yang menilai faktor – faktor keberhasilan terapi OAE generasi dua. Tujuan: Mengetahui faktor risiko keberhasilan keberhasilan terapi OAE generasi 2 pada pasien epilepsi anak usia di bawah tiga tahun. Metode: Studi kasus kontrol dengan data sekunder berupa rekam medis. Sampel penelitian adalah anak epilepsi berusia di bawah tiga tahun yang mendapatkan minimal salah satu OAE generasi 2 berupa topiramat/levetiracetam/lamotrigin. Subyek terbagi kelompok kontrol (dilakukan matching usia) yang kejangnya tidak terkontrol dan kelompok kasus yang kejangnya terkontrol minimal enam bulan. Faktor risiko yang diteliti adalah tipe kejang, status perkembangan, status neurologis awal, gambaran elektroensefalografi (EEG) awal, evolusi klinis dan evolusi EEG. Hasil: Didapatkan 60 subyek pada masing – masing kelompok; pada kelompok kasus paling banyak dijumpai 66,7% laki – laki, 31,7% rentang usia 6 – 12 bulan, 83,3% usia awitan kejang < 12 bulan, dan 93,3% tipe kejang umum. Dari 6 faktor risiko yang diteliti, hanya evolusi EEG berperan independen dalam memengaruhi keberhasilan terapi, nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2020
Pengarang

Jenny Br. Ginting - Nama Orang
Irawan Mangunatmadja - Nama Orang
Pramita Gayatri - Nama Orang

No. Panggil
T20086fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xviii, 61 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T20086fkT20086fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor Risiko Keberhasilan Obat Antiepilepsi Generasi 2 pada Pasien Epilepsi Anak Usia di Bawah 3 Tahun: Studi Kasus Kontrol = Risk Factor Affecting the Success of Second Generation Antiepileptic in Children under 3 Years with Epilepsy: Case Control Study.

Related Collection